Aktivitas Yang Jauh Lebih Seru Dari Mengecek Smartphone

Smartphone kini bagaikan dewa. Ya, siapa yang tidak menggunakan ponsel pintar di era ‘generasi nunduk’ ini? Bahkan orang-orang yang pada dasarnya tidak membutuhkan fitur di dalamnya pun jadi latah dan merasa bahwa smartphone adalah benda yang super penting.

Sementara orang-orang sibuk mengecek smartphone-nya selama 3 jam sehari, para peneliti justru memberi saran untuk melakukan berbagai hal yang tanpa disertai smartphone. Temuan mereka mengatakan bahwa penggunaan ponsel secara berlebihan justru menghilangkan banyak hal yang jauh lebih menyenangkan. Mereka yang menggunakan smartphone secara intens memiliki tingkat stress dan depresi lebih tinggi. Ditambah lagi, mereka ini selalu merasa mudah cemas dan bingung.

Penelitian lainnya menyimpulkan bahwa secara umum teknologi smartphone dan tablet membuat perkembangan tubuh anak-anak menurun, bila dibandingkan dengan pola pertumbuhan anak-anak 20 tahun yang lalu. Anak-anak masa kini tidak banyak melakukan aktivitas fisik. Hal ini menjadi salah satu pemicu obesitas, stroke di usia muda, dan ketakutan menghadapi dunia luar yang nyata.

Semua temuan tersebut menunjukkan pada kita bahwa selain berdampak negatif pada pola komunikasi langsung dan keterikatan sosial, smartphone bisa berdampak negatif pada kesehatan, fisik maupun psikis.

Untuk mencegah semua resiko tersebut tentunya kita harus mengalihkan perhatian dan aktivitas pada kegiatan yang bisa dilakukan tanpa smartphone, tapi dengan makna dan tingkat kepuasan yang lebih tinggi.

1. Menjadi sukarelawan

Image Credit By bswllc.com
Tidak harus terjun langsung ke lokasi bencana. Mengumpulkan dan membuang sampah yang ada di pantai, mengajar Bahasa Inggris untuk anak jalanan, menyalurkan buku-buku ke taman baca, atau sekadar memberikan sumbangan untuk korban bencana, maka sudah bisa disebut sebagai sukarelawan. Setiap orang memiliki sensor dalam dirinya, yang akan langsung memberikan perasaan tenang setelah melakukan perbuatan baik bagi orang lain.

2. Menjelajah

Image Credit By robiat_fahlevie
Apa sih enaknya kepala terus menunduk, memandangi layar datar smartphone? Apa enaknya me-retweet dan like foto pemandangan di instagram? Semua kesenangan itu tidak akan lebih baik dari merasakan sendiri serunya menjelajah berbagai wilayah. Tidak perlu jauh-jauh. Jelajahi setiap pelosok pulau ini, yang belum pernah didatangi. Tidak ada pengetahuan yang bisa mengalahkan pengalaman langsung.

3. Tidur lebih lama

Image Credit By berkah2013.blogspot.com
Keasyikan menatap layar smartphone membuat mata lelah dan pastinya semakin mengurangi jam tidur, akibat lupa waktu. Mengganti 2 jam aktivitas bersama smartphone dengan tidur akan membuat pikiran lebih segar, terutama bagi orang yang sangat sibuk dan kurang tidur.

4. Quality time dengan orang-orang terdekat

Image Credit By denicha
Ada yang bilang teknologi membuat yang jauh menjadi dekat. Tapi di sisi lain, teknologi telah membuat yang dekat menjadi jauh. Lebih banyak berkumpul dengan keluarga, ngobrol dengan tetangga, dan hang out bersama sahabat akan meningkatkan ikatan keakraban dan kedekatan, jauh lebih erat dari sekadar memantau tweet orang lain.

5. Olahraga

Image Credit By zefanyaevan
Selain membuat tubuh lebih bugar dan sehat, olahraga akan melatih komunikasi dengan orang lain. Entah dengan orang yang kita temui di jalan saat jogging, instruktur dan rekan senam, ataupun teman-teman dari tim futsal.

6. Menulis dan membaca

Image Credit By travelblog.ticktab.com
Menulis keluhan di jejaring sosial bisa memicu masalah dan persepsi negatif dari orang lain. Sedangkan membaca sejumlah tulisan di socmed bisa memicu kesalahpahaman, lantaran media berita di internet banyak yang menyajikan informasi tidak mendidik dan tidak valid. Lebih baik mengungkapkan perasaan dan pendapat dalam sebuah jurnal. Membaca buku-buku yang bisa dipertanggungjawabkan isinya. Dua kegiatan ini akan meminimalisasi depresi dan kecemasan.

7. Berkesenian

Image Credit By irwanrosali
Berlatih drama, melukis, menari, membuat patung, atau sekadar doodling akan membuat otak kita lebih segar dengan ide-ide kreatif. Otak kanan pun bisa jadi lebih maksimal.

Banyak sekali hal yang bisa kita lakukan tanpa smartphone, dengan manfaat yang luar biasa. Mulai sekarang, mari biasakan diri untuk memanfaatkan smartphone seperlunya.

0 komentar

Posting Komentar

Sejauh ini hanya 10 % komentar yang disetujui di blog ini maka berkomentarlah dengan bijak dan sesuai konten, komentar spam akan diblokir. harap mohon pengertiannya dan saya sangat berterimakasih atas komentar kalian :)