Cara untuk Meningkatkan Kreativitas


Image Credit By www.craftingconnections.net
Mungkin sekali waktu kita berpikir bahwa berdasarkan kreativitasnya, manusia itu dibedakan menjadi 2 : manusia kreatif dan manusia tidak kreatif. Manusia kreatif adalah mereka yang selalu memiliki ide, biasanya berkenaan dengan penciptaan sesuatu, yang entah bagaimana ternyata itu sangat bagus dan berguna.
Manusia tidak kreatif adalah mereka yang tinggal memakai dan menikmati saja. Apa yang ada, ya sudah itu yang diketahui. Tidak ada ide untuk menciptakan hal-hal baru, karena memang kreativitas itu adalah bakat sejak lahir. Jadi, kalau suatu kali kita ditanya “Kenapa kamu tidak bisa seperti itu?”, lantas kita menjawab “Ya, memang orang kan beda-beda.”
Tapi, bukankah sejatinya setiap orang memiliki bekal yang sama? Setiap orang memiliki bakat untuk menjadi kreatif. Tinggal bagaimana dari diri kita sendiri, apakah mau menjadi kreatif atau tidak. Dibutuhkan tekad yang kuat memang, dan ikuti sejumlah trik untuk meningkatkan kreativitas berikut ini :
1. Menyadari peluang

Kendala yang biasa terjadi adalah berpikir bahwa setiap orang memiliki peluang yang berbeda. Padahal kenyataannya tidak demikian. Setiap orang memiliki peluang yang sama. Hanya saja, tidak banyak orang yang mau menyadari itu.

2. Meniru

Ya, seseorang memang tidak bisa langsung menjadi maestro di bidangnya. Seorang penggubah lagu pasti tidak serta merta menemukan ciri khasnya. Di awal, mereka akan menyimak musik orang lain. Tahap selanjutnya adalah mulai meniru karya orang lain. Lambat laun, ia akan menemukan hal-hal yang belum dieksplorasi. Hal yang sama terjadi pada bidang lainnya seperti penulis dan teknologi.

Image Credit By imtoofancy.com
3. Mengambil kesempatan dari masalah

Tentu kita tidak sedang menari-nari di atas penderitaan orang lain. Justru kita akan menyelesaikan masalah mereka. Ada masalah apa di sekitar kita, yang belum ada solusinya? Teman-teman yang tidak bisa menyelesaikan skripsinya bisa dibantu dengan bimbingan tambahan atau jasa pengolahan data.

4. Brain storming

Harus rajin menguras semua ide dan kemungkinan, itu kuncinya. Sekonyol apapun, seaneh apapun, harus kita daftar semua ide itu. Di bidang teknologi, masih banyak sekali hal yang belum dimiliki tapi dibutuhkan. Misalnya, alat panen yang praktis tapi berukuran kecil, helm yang bisa menyerap keringat, atau alat penggenggam smartphone saat kita di toilet.

5. Konsistensi

Harus ada konsistensi dalam berkarya. Jika pada bulan Maret kita banyak menghasilkan karya, lalu kita menghasilkan nol di bulan berikutnya, mau kreativitas yang telah kita pupuk akan menguap. Orang yang sudah bisa kreatif dan menghasilkan banyak hal, cenderung semakin mudah menemukan hal-hal baru. Tapi, jika tidak dilanjutkan, kepekaan pada kreativitas akan hilang. Butuh waktu lama dan bahkan harus mulai dari nol lagi untuk membangun kreativitas itu.
Image Credit By inspirably.com

Image Credit By blog.design-seeds.com
6. Memanfaatkan sampah

Sampah bisa berarti barang-barang yang tidak terpakai. Bisa berupa ide-ide yang tidak jadi diwujudkan. Dan bisa juga berarti sebenarnya, yaitu benda yang dibuang karena sudah tidak memiliki nilai guna. Tetapi, selama masih bisa didaur ulang, maka selama itu pula ia memiliki nilai. Tumpukan sampah itu menunggu sampai ada orang yang cukup cerdik dan nekad untuk mengolahnya.

7. Useless product adalah kewajaran

Kecewa itu wajar. Ketika produk kita ternyata tidak diharapkan, tidak memenangkan kompetisi, atau tidak laku, itu wajar. Coba bayangkan, berapa baju dari pasa designer yang sia-sia tak terpakai. Banyak sekali. Tapi mereka tetap berkarya. Bahkan mereka belajar dari kegagalannya, untuk diperbaiki lagi.

8. Dasar pengetahuan

Mengapa ada orang yang menemukan pekerjaan ‘aneh’ dan kreatif, sedangkan kita tetap bekerja yang itu-itu saja? Bagaimana bisa seseorang memiliki karir yang unik, belum pernah ada, dan bisa menghasilkan banyak prestasi serta nafkah? Tidak lain karena mereka memiliki pengetahuan yang lebih luas. Mereka tahu ada celah yang bisa menjadi lahan kreativitas.

Mulai sekarang, biasakan memaksimalkan aktivitas yang bisa memicu kreativitas. Rajin membaca, berinteraksi dengan orang-orang dari berbagai latar belakang, dan senang mengembangkan imajinasi akan membuat diri kita menjadi lebih kreatif lagi.
 

Sejauh ini hanya 10 % komentar yang disetujui di blog ini maka berkomentarlah dengan bijak dan sesuai konten, komentar spam akan diblokir. harap mohon pengertiannya dan saya sangat berterimakasih atas komentar kalian :)
EmoticonEmoticon