Kekuatan Memberi

"Blessed are those who can give without remembering, and take without forgetting."
- Princess Elizabeth -
Quote di atas sangat cocok untuk mewakili video Thailand tersebut. Bapak penjual soup mempunyai hati yang baik dengan memberi kepada siapapun yang memang membutuhkan. Dan siapa sangka kebaikannya itu terbalaskan oleh anak kecil yang ditolongnya 30 tahun yang lalu. Ketika bapak tersebut jatuh sakit dan harus membayar biaya rumah sakit yang mahal.  Dr. Prajak Arunthong, si anak kecil yang telah ditolongnya, membebaskannya dari biaya rumah sakit.

Dari video di atas, kita bisa belajar kembali tentang arti memberi kepada orang lain. Walaupun mungkin hal ini sering diajarkan pada kita sewaktu kecil. Pertanyaannya adalah apakah kita masih sering melakukannya?

Memberi adalah suatu bentuk komunikasi bahwa kita peduli terhadap orang yang kita beri. Tapi jangan sekali-kali mengharapkan kembaliannya. Berilah dengan ikhlas dan berharap pemberian itu sangat berguna baginya.

Apakah memberi hanya bisa dengan materi? Tentu tidak. Ada banyak hal yang bisa kita beri terhadap orang lain, seperti bantuan tenaga, senyum, ilmu, memotivasi, memberi ide dan lain sebagainya. Memberi tidak harus yang berhubungan dengan materi asalkan kita ikhlas melakukannya.
"Success has nothing to do with what you gain in life or accomplish for yourself. It's what you do for others."
- Danny Thomas -
Begitu juga dengan kesuksesan. Kita dikatakan sukses bukan hanya dari keberhasilan mencapai sebuah tujuan atau pencapaian untuk diri sendiri. Tapi juga berhubungan dengan keberhasilan apa yang telah kita lakukan untuk orang lain. Hal-hal baik apa yang kita wujudkan untuk membantu orang lain.

Keberhasilan yang sudah kita dapatkan tidak akan mengandung makna berarti bila hanya untuk dinikmati sendiri. Ingatlah kembali siapa saja orang-orang yang sudah membantu kita sampai titik keberhasilan. Dan lihat siapa saja orang yang berada dalam kondisi kesusahan, yang mungkin dulu kita sempat merasakannya. Lalu gunakan kemampuan dan keberhasilan kita untuk mencoba menolong ataupun sekedar berbagi pada mereka. Bangkitkan semangat mereka dan bagilah ilmu sukses yang kita peroleh dalam setiap proses yang kita lewati. Akan ada banyak hikmah dan pelajaran yang bisa kita dapat dengan melakukan hal tersebut.

Memberi tidak harus menunggu saat kita sudah kaya dan berhasil, tapi bisa kita lakukan dari hal-hal kecil. Seperti membantu seseorang memberi ide usaha, bisa menjadi peluang bagi kita untuk membangun usaha bersama. Membantu seseorang memahami pelajaran, kesempatan bagi kita untuk mengulang pelajaran lagi. Memberi sebuah senyum kepada seseorang, mungkin bisa membangkitkan suasana hatinya agar kembali semangat. Ada banyak cara untuk memberi asalkan kita tidak mengharapkan apapun dari orang yang kita beri.

Ketika giliran kita yang menerima, jangan lupakan setiap pemberian itu. Dan jadikan inspirasi untuk melakukan hal sama suatu hari nanti kepada orang lain yang juga membutuhkan. Memberi dan menerima jadikan sebagai rasa syukur atas apa yang kita peroleh dari Tuhan. Saat memberi, kita bersyukur karena masih memperoleh karunia dariNya sehingga bisa menolong orang lain. Dan saat menerima, kita bersyukur karena Tuhan menolong kita melalui orang yang telah memberi kepada kita. Dan jangan lupa berterima kasih atas pemberian orang lain dan doakan hal-hal baik pada orang tersebut. Rasa syukur itulah yang akan menjadi kekuatan kita untuk terus berjuang dan merasa lebih beruntung.


"Bersyukur bukan hanya tentang apa yang kita terima tapi juga dari hal-hal yang mungkin tidak dimiliki oleh orang lain tapi kita memilikinya."
- Deri Riandi -
Berilah tanpa memandang siapa yang kita beri. Dan jadikan memberi sebagai sebuah motivasi untuk berusaha. Agar saat kita sudah berhasil nanti, bisa memberi lebih banyak kepada orang lain.

Sumber 

Sejauh ini hanya 10 % komentar yang disetujui di blog ini maka berkomentarlah dengan bijak dan sesuai konten, komentar spam akan diblokir. harap mohon pengertiannya dan saya sangat berterimakasih atas komentar kalian :)
EmoticonEmoticon