Social Media Baik atau Buruk?

Sekarang ini kita sadari bahwa perkembangan teknologi semakin cepat dan canggih yang mengakibatkan media sosial  menjadi suatu kebutuhan dasar setiap orang. Indonesia sendiri tercatat sebagai konsumen aktif urutan teratas media sosial di dunia khususnya Twitter dan Facebook, berarti dalam 1 detik ada puluhan ribu jari yang menari diatas keyboard dan memposting berita di media sosial. Luar biasa yaa!

Tapi tahukah kamu kalau ternyata dengan kita aktif di dunia maya bisa berakibat pasif di dunia nyata, dan hal ini bisa mengakibatkan munculnya berbagai permasalahan hidup. Sebagai contoh ada seorang remaja yang setiap hari selalu memposting minimal 10 foto dan 20 kicauan kegalauan hidupnya di media sosial, yang tanpa disadari saking seringnya memposting dia menjadi khawatir dan selalu mengecek handphone untuk sekedar melihat notification, berapa banyak yang likes, repost dan siapa saja yang comment di postingan akun media sosial dia. Dan ini tanpa disadari bisa mengakibatkan kehilangan gairah hidup di dunia nyata.

Image Credit By www.papasemar.com
Lalu bagaimana mengatasi masalah ini? apakah salah untuk kita aware dengan media sosial? Saya pribadi tidak menganggap media sosial buruk atau jelek, saya menilai bahwa media sosial itu baik tergantung dari sisi mana yang kita pilih. Sebagai contoh sejak muncul pertama kali Facebook, kita akhirnya bisa menemukan teman lama yang sudah tidak bisa dihubungi lagi, bahkan ada beberapa kasus yang akhirnya menemukan ‘belahan jiwa’ melalui media sosial ini. Jadi kalau dilihat dari sisi positifnya media sosial merupakan suatu wadah yang sangat bermanfaat buat banyak orang.

Dan contoh lainnya, sebagai salah satu pengguna Twitter, saya sangat suka sekali dengan media sosial satu ini, Karena disini saya bisa menemukan banyak kegiatan kegiatan sosial yang inspiratif dan bahkan saya dulu tidak pernah terbayangkan bisa ikut berpartisipasi dalam kegiatan sosial. Jadi tidak salah kan untuk kita aware dengan media sosial.

Image Credit By techno.id
Lalu bagaimana cara mengatasi agar kita juga aktif di dunia nyata? Nah yang ini menurut saya bukan hal yang susah dilakukan kok, tergantung dari niatan pribadi masing masing. Berikut ini tips mudah yang bisa kamu lakukan :

Image Credit By google
  • Matikan handphone saat di charge
Usahakan kamu mematikan handphone saat sedang di charge yaa, bukan hanya membuat batterai handphone kamu lebih tahan lama tapi juga bisa menyelamatkan kamu dari addiction social media. Karena kita keseringan lupa waktu saat membuka applikasi Facebook, Twitter, 9gag dan lainnya yang ujung ujungnya kamu tidak bisa melepas handphone dari tangan kamu.
  • Silent mode handphone saat kamu sedang kumpul dengan teman
Nah ini yang sering kelupaan, coba bayangkan berapa banyak effort  yang kamu lakukan untuk bisa sekedar ngopi dengan teman kamu, tapi hampir sebagian waktunya kamu habiskan dengan melihat handphone kamu. Moment kebersamaan sangat penting lhoo, bahkan tanpa kamu sadari bisa saja muncul ide ide cermelang saat kamu ngobrol bersama dengan teman kamu. Lalu melakukan sesuatu yang sebelumnya tidak pernah terpikir olehmu.

Image Credit By www.komunitastaufan.org
  • Matikan handphone saat kamu tidur
Saat kita tidur di malam hari, tubuh kita menghasilkan suatu formula khusus yang hanya diciptakan saat kita tertidur lelap. Dan formula ini sangat dibutuhkan tubuh kita untuk beraktifitas esok harinya, jadi ga mau kan saat kamu tidur lalu tiba tiba terbangun hanya karena handphone. Sayang kan waktunya tubuh istirahat tapi kamu tidak memanfaatkan dengan baik. Biarlah masalah untuk besok diselesaikan besok.
  • Follow komunitas sosial di media sosial
Bukan hanya idola kamu saja yang perlu di follow tapi juga komunitas – komunitas sosial yang harus kamu follow juga sesuai dengan minat kamu yaa. Kenapa? Karena tanpa kamu sadari saat ikut berkegiatan sosial bersama dengan komunitas, kamu bisa menemukan banyak pengalaman dan pengetahuan baru yang sebelumnya tidak kamu bayangkan. Dan moment saat kamu bisa menebar bibit bibit kebaikan itu menyenangkan lhoo, coba saja!

Sebagai seorang pengguna sosial media aktif cobalah manfaatkanlah akun akun sosial media kamu sebaik baiknya, pergunakannlah kepintaraan teknologi dan internet untuk menciptakan suatu karya yang bisa bermanfaat buat kamu dan orang lain.

Ikutilah berbagai macam kegiatan kegiatan sosial yang ada disekitar kamu, karena bisa saja dengan aktif di suatu komunitas sosial tertentu membuat kamu bisa menemukan jati diri kamu dan menemukan passion yang tersembunyi dalam diri kamu.

Sejauh ini hanya 10 % komentar yang disetujui di blog ini maka berkomentarlah dengan bijak dan sesuai konten, komentar spam akan diblokir. harap mohon pengertiannya dan saya sangat berterimakasih atas komentar kalian :)
EmoticonEmoticon