Tips Memilih Makanan Yang Sehat

"It is health that is real wealth and not pieces of gold and silver"
- Mahatma Gandhi -
Gaya hidup sehat saat ini sudah menjadi sebuah lifestyle bagi anak muda yang tinggal di kota kota besar seperti Jakarta. Tak heran jika menjelang sore hari, banyak anak muda yang berkumpul di area sekitar Senayan untuk berolahraga.

Namun menjalani pola hidup sehat bukan hanya rajin melakukan olahraga saja, tapi juga memastikan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh adalah makanan yang sehat.  Berikut ini adalah beberapa tips dalam memilih makanan yang sehat :

Image Credit By www.liputan6.com

1.    Mengkonsumsi Makanan Lokal
Lebih memilih makanan lokal dari pada makanan impor. Karena perlu diketahui sebenarnya makanan impor memiliki kandungan gizi yang jauh dari pada makanan lokal dan tak sedikit dari bahan makanan impor yang sengaja diberikan bahan kimia agar lebih tahan lama.

Image Credit By www.perindah.wordpress

2. Tidak mengkonsumsi makanan kemas atau pengawet
Dalam memilih suatu makanan kemasan, telitilah dalam membaca komposisi yang terkandung di dalam makanan tersebut. Seperti pengawet yang digunakan harus pengawet khusus makanan yang aman bagi tubuh dan jangan lupa untuk melihat kode produksi atau tanggal kedaluarsanya.

3. Menghindari makanan yang berwarna terang
Hindari makananan yang memiliki warna mencolok, sebab tak sedikit pedagang makanan ingin meraup banyak keuntungan secara instan, salah satunya dengan mendaur ulang makanan sisa dengan memberikan pewarna berbahaya untuk mempercantik tampilan makanan.
"Health is a relationship between you and your body"
- anonymous -

Image Credit By Google

4.   Sayuran dan buah-buahan
Sebelum mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan, cucilah terlebih dahulu dengan air bersih untuk mengurangi kadar pestisidanya. Sebab kandungan pestisida, bila dikonsumsi manusia akan menimbulkan beberapa penyakit berbahaya, salah satunya adalah kanker.

5.    Mengurangi makanan mengandung lemak jahat
Kurangi makanan yang banyak mengandung lemak jahat perlu sekali kita perhatikan. Pilihlah bahan makanan yang banyak mengandung vitamin, mineral, serta serat larut yang tinggi untuk membantu sistem metabolisme dan menjaga imun tubuh

6.    Tepatnya memilih buah atau sayuran yang organik
Lebih memilih sayuran dan buah-buahan yang organik. Karena perlu diketahui sayuran dan buah-buahan organik tidak terlalu banyak mengandung bahan-bahan kimia seperti pestisida. Meskipun sayuran dan buah-buahan organik harganya terbilang lebih mahal dibandingkan sayuran dan buah-buahan non organik, mungkin tidak ada salahnya anda mengkonsumsi yang organik untuk investasi kesehatan anda. 

Image Credit By www.merdeka.com

7.    Bahan makanan di masak dengan sempurna
Bila anda penggemar olahan daging seperti daging sapi, ayam atau ikan, masaklah bahan-bahan makanan tersebut agar benar-benar matang sempurna. Karena perlu diketahui olahan daging yang tidak matang sebenarnya banyak mengandung bakteri dan parasit lain yang dapat menimbulkan beberapa gangguan pencernaan seperti diare dan keracunan.

Image Credit By www.diethealth.com

8.    Konsumsi suplemen makanan yang tepat
Agar lebih sehat, anda dapat mengkonsumsi suplemen yang mendukung dan sekaligus sebagai tambahan asupan protein dalam tubuh.
Semoga tips diatas bisa menginspirasi anda untuk tetap menjalani pola hidup yang sehat.
Chritis Ghaza
Belajar seumur hidup, menjadi murid selamanya

Related Posts

Posting Komentar

Loading...
Masukkan emailmu untuk mendapat pemberitahuan artikel terbaru