Tips Mengatur Keuangan Pribadi

Mengatur atau mengelola keuangan menjadi salah satu permasalahan yang banyak dialami oleh sebagian orang. Kalau kita sudah tahu bagaimana caranya mendapatkan penghasilan yang besar, jangan sampai penghasilan tersebut menyebabkan kita tidak lagi membedakan mana kebutuhan yang memang penting dan bermanfaat dan mana yang hanya keinginan sementara saja.

maxmanroe.com

Berapa pun penghasilan kita saat ini, sangat penting untuk mengaturnya agar kita punya tabungan dalam kondisi darurat maupun untuk masa depan nanti. Berikut ini tips mengatur keuangan yang saya terapkan :

1. Tabungan minimal 6 kali pengeluaran bulanan

Usahakan untuk memiliki tabungan sebanyak minimal 6 kali pengeluaran bulanan. Jadi kalau ada masalah seperti kehilangan pekerjaan atau krisis lainnya, kita ada waktu 6 bulan untuk recover supaya kita tidak gegabah dalam mengambil keputusan di saat krisis.
"Mulai menabung, tidak peduli apa jenis pekerjaan yang anda lakukan."
- Carlos Slim Helu -
2. Mulai mempelajari trend pengeluaran uang kita

Tuliskan semua pengeluaran kita lalu dikategorikan dan jumlahkan sesuai kategori. Dari situ kita bisa melihat mana saja kategori yang memberikan kontribusi terbesar pengeluaran. Nah, lalu mulai lihat lebih detail di kategori yang memberikan kontribusi pengeluaran  besar. Apakah ada yang bisa dikecilkan pengeluarannya untuk bulan berikutnya. Contoh kategori :
  • Beli makan di luar
  • Masak sendiri
  • Beli buah
  • Gift untuk orang lain (termasuk traktir, nikahan, dll)
  • Beli pakaian
  • Beli aksesoris (tas, dompet, dll)
  • Travelling (jalan-jalan dalam atau luar negeri)
  • Ikut program seminar atau self development, dll
"Berhati-hatilah terhadap pengeluaran kecil; kebocoran kecil mampu menenggelamkan kapal."
- Benjamin Franklin -
3. Mengatur budgeting

Setelah beberapa bulan melakukan hal tersebut akan kelihatan trend-nya setiap bulan. Lalu mulai membuat budgeting (set limit di setiap kategori) supaya bisa ada target tabungan bulanan. Untuk tabungan yang 6 kali dari pengeluaran itu jangan dialokasikan untuk beli apapun. Itu hanya tabungan untuk kasus emergency. Kalau mau nabung untuk keperluan lain seperti beli rumah, mobil, dan sebagainya harus alokasi lain. Semua tabungan apakah mau dimasukkan ke dalam tabungan yang sama atau tidak itu terserah. Tapi Kalau dipisah rekeningnya jadi lebih terkontrol.

Yang paling penting adalah setiap kali akan melakukan pengeluaran uang, tanya kepada diri sendiri apakah pengeluaran tersebut memang bermanfaat atau hanya sekedar memenuhi keinginan pribadi saja. Jika tidak bermanfaat, ya lebih baik tidak perlu dilakukan.

Dengan melakukan 3 cara di atas semoga membantu dalam mengurus keuangan pribadi. Sebenarnya tidak ada resep atau tips khusus dalam mengatur keuangan. Karena berapa banyak pun cara yang kita peroleh, tetapi kalau tidak ada kemauan ada dorongan dari diri sendiri untuk melakukannya, cara-cara tersebut pun juga tidak akan berguna.

Semoga bermanfaat! Spend your money wisely!
Chritis Ghaza
Belajar seumur hidup, menjadi murid selamanya

Related Posts

Posting Komentar

Loading...
Masukkan emailmu untuk mendapat pemberitahuan artikel terbaru