Harga Sebuah Pengampunan

Sahabatku, harga sebuah pengampunan memang sangat mahal. Karena itulah kita mengatakan sulit untuk mengampuni.Tetapi justru karena mahal itulah, maka kita harus mengejar dan meraih nilai suatu pengampunan.Harga suatu pengampunan jelas tidak dibeli oleh materi, uang, harta, pangkat dan kedudukan apapun.


Harga suatu pengampun dibeli dengan kasih, pengorbanan, kerendahan hati, persaudaraan dan kelemah lembutan.Kalau kita mengatakan sulit mengampuni, sekali lagi, itu adalah realita.Namun jangan katakan saya tidak mau mengampuni.

Itu adalah justru sikap pembrontakan akan nilai kasih yang dicanangkan oleh iman dan agama kita. Kalau anda mengatakan tidak mau mengampuni berarti anda telah berdosa terhadap suara hatimu yang jelas mengajakmu untuk memaafkan dan mengampuni.Mengampuni memang tanpa syarat.
Kalau kita mau mengampuni memang kita harus berkommitmen dengan tulus dan ikhlas. Maka memang jangan katakan, mulutku mau mengampuni tetapi hatiku tidak.


Saya memang berencana mau mengampuni tetapi setelah aku mengingat semua apa yang ia lakukan yang sungguh menyakitkan, saya jadi urung memaafkan. Ini menggambarkan dan melukiskan pengampunan itu tidak tulus.

Ketika kita tidak mau mengampuni maka kita membiarkan hidup itu terseret oleh dengki, kebencian dan balas dendam.

Saya tidak mau mengajari anda bagaimana harus mengampuni orang lain.Saya hanya mau menandaskan sambil mengajak anda mengingat orang-orang lain atau siapa saja, janganlah bebani hatimu dengan bara dendam itu.Jangan juga isi perasaanmu dengan dengki.Lepaskanlah dirimu dari penjara kebencian dan kedengkian.

Geserlah itu dengan kasih, kesabaran,kerendahan hati.Kikislah itu dengan sebuah kata yangindah pengampunan.Kita memang tidak mampu melakukan ini sendirian.


Ada DIA yang menjadi teladan kita dalam hal ini.Ada Roh Kudus yang menuntun kita dengan keinginan luhur ini.Kalau anda teringat dengan mereka yang menyakitimu, dan bersikap kasar, jangan terlalu fokus dengan perbuatan mereka yang tidak baik, tetapi fokuslah akan dirimu dan tekadmu yang maumengampuni dan memaafkan.Maka, pengampunan dan maaf itu mengalir dari hatimu yang tulus. Ampunilah maka kamu juga akan diampuni oleh TUHAN.

"Ada damai dalam hati jika kita sanggup mengampuni, sanggup mengasihi walaupun kita sering diperlakukan tidak adil oleh orang lain.Mintalah kebijaksanaan, kesabaran dari Tuhan, agar kita mampu untuk melihat sisipositifnya dari semua situasi yang kita alami.Dan mampu untuk mensyukuri apa yang ada. Karena apa yang terjadi ada maksud Tuhan yang baik.
Amsal 19:11,Akal budi membuat seseorang panjang sabar dan orang itu dipuji karena memaafkan pelanggaran.

0 komentar

Posting Komentar

Sejauh ini hanya 10 % komentar yang disetujui di blog ini maka berkomentarlah dengan bijak dan sesuai konten, komentar spam akan diblokir. harap mohon pengertiannya dan saya sangat berterimakasih atas komentar kalian :)