5 Tips Menjelaskan Peristiwa Terorisme Pada Anak

Indonesia Berduka

yah....

indonesia sekarang lagi krisis keamanan sejak terjadi pengeboman di Surabaya, Sidoarjo dan tadi siang terjadi kasus pembacokan di Mapolda Riau, Pekanbaru.

berbagai media cetak, online dan televisi beriringan untuk memuat hal memilukan ini, beberapa kerabat saya menyaksikan hal tersebut dengan anak mereka yang masih kecil, tapi apakah kita tahu respon anak kecil terhadap tindakan terorisme?


bagaimana kalau mereka bertanya apa itu teroris? mengapa mereka menjadi teroris? apakah yang di dapat ketika menjadi teroris? nah orang dewasa tentu sudah tahu, namun bagaimana dengan anak kecil yang mempunyai rasa penasaran tinggi? tentu sobat akan bingung kan?

untuk itu chritisghaza.net telah merangkumnya dalam beberapa tips yang dapat sobat simak dibawah ini.

1. Cari Tahu Apa Yang Dipahami 

pertama yaitu cari tahu apa yang anak ketahui tentang teroris, jika dia bertanya jelaskan secara singkat namun jelas.

ingat jangan menggunakan isu kebencian (SARA) dalam memberikan penjelasan kepada anak. karena akan berakibat buruk pada perkembangan mental anak sobat.

2. Filter Informasi

ketika melihat media, sang anak harus ditemani oleh orang tua. tapi lebih baik lagi kalau dibatasi karena di berbagai media termasuk media sosial banyak bertebaran berbagai hal mengerikan tentang terorisme yang di share orang banyak.


3. Pahami Karakter

Tiap anak mempunyai karakter berbeda, dia bisa saja berpikir teroris seperti monster dibawah kasur tidurnya sehingga mempunya rasa takut yang berlebih.

dampingi dia untuk kenali karakternya, jika dia takut coba hilangkan rasa takut padanya dan tanamkan keberanian pada anak sejak dini.

4. Melakukan Kegiatan Normal


tujuan aksi teror adalah menimbulkan keresahan, tolong jangan tunjukkan keresahan itu dihadapan anak, bersikaplah secara normal agar dia nyaman.

5. Ajarkan Apresiasi Terhadap Aparat

Ajak anak berdiskusi dan mengapresiasi kerja polisi, TNI, dan petugas kesehatan yang melindungi, melayani, dan membantu kita di masa tragedi. Diskusikanlah lebih banyak tentang sisi kesigapan dan keberanian mereka daripada sisi kejahatan pelaku teror.

semoga tips ini dapat berguna bagi sobat, mohon dishare artikel ini agar berguna bagi sesama, jika sobat ini mengopy paste artikel ini mohon cantumkan link sumber artikel ini, jika tidak maka saya akan melaporkan blog sobat agar dihapus google, thanks :)

Sejauh ini hanya 10 % komentar yang disetujui di blog ini maka berkomentarlah dengan bijak dan sesuai konten, komentar spam akan diblokir. harap mohon pengertiannya dan saya sangat berterimakasih atas komentar kalian :)
EmoticonEmoticon