Hesty Kedoh : Generasi Milenial Jangan Mau Diperbudak Zaman!


Dimasa sekarang banyak generasi milenial khususnya anak muda yang menggunakan media social baik itu untuk bertukar informasi,berbagi cerita dan lain sebagainya.

tetapi seiring dengan berkembangnya zaman, media social mulai digunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab dalam memposting dan menyebarkan hal hal yang berbau pornografi,hoax,dan sebagainya yang dapat menimbulkan perpecahan .
Hesty Kedoh

Kerap kali media social digunakan sebagai ajang untuk berbagi foto dan video yang kurang pantas,selain itu juga digunakan sebagai tempat saling membuli dan menyindir satu sama lain.hal ini disebabkan karena Tidak Adanya Pengendalian Terhadap Diri Sendiri. 

artinya ketika seseorang merasa punya kebebasan untuk melakukan sesuatu hal maka ia pun juga akan merasa bebas dan berhak memposting dan membagikan hal hal yang tidak berguna.

Selain itu hal ini juga disebabkan Karena Rendahnya Tingkat Pendidikan Seseorang. dengan rendahnya tingkat pendidikan maka seseorang akan mudah diperbudak oleh perkembangan zaman. 

artinya semakin rendah tingkat pendidikan seseorang maka semakin sempit wawasan yang ia punya sehingga ia mudah memposting atau membagikan sesuatu yang belum tentu benar informasinya bagi masyarakat luas tanpa memikirkan efek dan dampak dari postingan tersebut .

Kurangnya pemahaman akan fungsi media social yang sesungguhnya,akan membuat seseorang salah dalam menggunakan media social. Seharusnya media social digunakan sebagai tempat untuk saling bertukar dan menyerap informasi informasi yang positif dan bermanfaat bukan sebagai wadah untuk menyebar hal hal yang tidak baik yang dapat mengundang perpecahan antar sesama.
 
Oleh karena itu ,kita sebagai Generasi Milenial,kita harus memfilter setiap informasi maupun setiap hal yang kita dapat. kita juga perlu memberi jarak atau ruang baik itu untuk postingan pribadi maupun untuk konsumsi public.
 
Literasi dan edukasi merupakan salah satu cara yang tepat untuk tidak menelan secara mentah-mentah informasi yang diterima.

dengan cara demikian maka para generasi milenial dapat melakukan antisipasi seperti membedakan fakta dan opini, cermat mengetahui korelasi foto dan judul provokatif, bahkan meneliti kredibilitas dari sumber informasi yang beredar.
kita boleh saja Mengikuti Perkembangan Zaman Biar Tidak Mudah Tergilas Oleh Zaman,Tapi Jangan Mau Diperbudak Oleh Zaman.
Penulis : Hesty Kedoh
penulis merupakan mahasiswi jurusan Usaha Perjalanan Wisata Prodi UPW 4B kampus Politeknik Negeri Kupang

Chritis Ghaza
Seorang blogger biasa yang ingin belajar seumur hidup dan menjadi murid selamanya. juga seorang munafik dan gila. dipercaya oleh Tuhan serta almarhum ayah dan almarhuma ibunya sebagai admin di blog ini.

Related Posts

Posting Komentar

Loading...
Subscribe Untuk Mendapat Notifikasi Artikel Baru