Psycho Rhyme, Real Rapper Dari Tanah Lembata

Seperti yang dunia ketahui Lembata tidak hanya terkenal sebagai salah satu patahan surga di timur Indonesia. Lembata juga merupakan daerah yang sarat akan tradisi, salah satunya adalah tradisi berburuh ikan paus di Lamalera - Lembata yang dilakukan para Lamafa pemberani. jadi tidak heran kalau Lembata menjadi salah satu destinasi wisata favorit wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri.

Tapi, saya tidak akan membahas surga yang satu ini, karena saya bukan seorang travel blogger yang ahli dalam memaparkan tentang pariwisata.

namun kali saya akan membahas seorang musisi rap asal lembata yang mungkin menjadi idaman para wanita-wanita pembaca setia chritisghaza.net hehehe.



musisi tampan ini bernama Yohanes Handryanus Payong Manuk atau yang dikenal sebagai Psycho Rhyme. lahir di Bungamuda, Lembata - 29 Maret 1989. 

dan untuk diketahui saya dan Psyco Rhyme telah melakukan sesi tanya jawab sebagai berikut.

Coba ceritakan sedikit tentang seorang Psycho Ryme
Kebetulan saya anak tunggal (dan itu pasti manja).Bapak meninggalkan saya dan mama sejak saya masih kecil. Dulu sekolah sering pindah-pindah.sampai akhirnya tamat sekolah dasar dari SDI Oepoi Kupang. dulu waktu masih kecil punya cita-cita menjadi pastor.😊😊 setelah tamat SMA di larantuka saya bilang ke mama "ma,saya punya panggilan hidup menjadi pastor sepertinya tidak bisa.soalnya perempuan terlalu bnyak". jadi mama bilang mungkin kau punya panggilan hidup membiara sudah tidak ada lagi. 

Sempat kuliah di kupang mengambil jurusan FISIP SOSIOLOGI (tapi cuman sampai semester 4) berhenti kuliah di kupang saya melanjutkan kuliah di larantuka mengambil jurusan FKIP BAHASA INGGRIS (tapi berhenti juga). Dan sekarang kebetulan bekerja di sekolah sebagai pegawai tata usaha.

Nama panggung Psycho Rhyme terinspirasi lirik lagu Lipooz yang sering menyebut rima gila. jadi saya mengambil itu menjadi nama panggung saya πŸ˜‰

Sejak kapan berkecimpung di dunia musik, khususnya Rap dan Bagaimana Prosesnya?

Awalnya suka dengan aliran musik rock.dan lagu yang paling suka saya dengar itu lagu-lagunnya Blink 182, Greenday,SOAD,SID,Boomerang.
 

Tapi setelah mengenal teman-teman HBC (Hantu Bala Clan) sekitar tahun 2010,mereka mengajak saya membuat lagu-lagu hip hop. Dan lagu awal yang saya masih ingat itu judulnya BMC Mengudara. personilnya Louis Phego,Cloz,Thoyan, (Alm) Leur, Narto dan saya sendiri. 

jadi kalau awal berkecimpung di dunia musik,khususnya hip hop sekitar tahun 2010an om.


Bagaimana reaksi orang tua saat kamu terjun ke dunia Rap?
Awalnya memang aneh saja melihat anaknya nyanyi tanpa ada musik, mama selalu bilang "itu kau berkelahi dengan orang atau apa?"

Tapi setelah tahu, mama akhirnya jadi suka. kadang mama tanya "ama (sapaan untuk anak laki-laki di Lembata), ada lagu baru tidak?. kalau ada, mama mau dengar" 😍😌 

Jadi saya akhirnya buat satu lagu yang judulnya "Sorry Mama" lagu tersebut saya buat dari kisah hidup saya sendiri. 

Terus apa suka dukanya dalam berkarir di dunia rap?
Lebih banyak dukanya daripada suka πŸ˜ŠπŸ˜„
Sukanya kalau menurut saya pribadi karena saya bisa menyampaikan isi hati.

contoh sederhananya menembak cewe pakai lagu πŸ˜ƒπŸ˜ƒπŸ˜ƒ
 

Mungkin ada hal lain lagi, seperti kita bisa kenal teman-teman baru dari pelosok nusantara hanya karena sama-sama pelaku hip hop.
 

Dukanya : 
1. Paling tidak enak itu saat kita di ajak isi acara, awalnya bicara soal pembayaran dll. begitu selesai "bro.trima kasih ya, kapan-kapan gabung la gi yah.
cuman bisa usap dada saja kan sekalian promo biar basa dapat panggung
2. curhat se dikit ya om, awal-awal waktu take vocal jack kabel mic disambung sambung, jadi kadang itu susah bukan main waktu take vocal. 😑 
3. kadang juga pengen buat acara sendiri.tapi karena di lembata masih awam soal hip hop jadi harus nebeng band.giliran selesai acara,mulai pinjam uang teman untuk bayar soundsystem πŸ˜ƒ 

Lalu bagaimana Seorang Psycho Rhyme menempatkan Rap dalam kehidupan? apakah sekedar hobby, iseng, atau bagaimana?
Hip hop itu istri kedua saya om, hip hop kalau di lembata tidak bisa kita jadikan karir. menurut saya hip hop ni hobby. karena culturenya sendiri om tahu (siap salah,guru)
Tapi kalau hobby yang bisa hasilkan uang, kenapa tidak?


Menurut kamu apa defenisi sukses dalam bermusik khususnya pada genre ini?
Sukses dalam bermusik bukan soal seberapa besar panggung yang dinaiki, atau seberapa banyak uang yang didapat atau bukan soal berapa banyak followers di medsos, tapi seberapa loyal mereka suka dengan musik kita
Bagaimana bisa bertahan dengan totalitas.😊😊😊
 



 
Adakah rencana membuat album?
Mini album mungkin, itu juga kalau ada yang mau bantu, amiiinnn.di doakan saja om
 


Bagaimana pendapat kamu tentang musisi rap muda lainnya sekarang ini?
"Maknai hip hop terlalu instan"
Memang betul, zaman berubah dan kita berubah di dalamnya. tapi tanpa harus meninggalkan budaya hip hop itu sendiri.

Kita tidak bisa salahkan teman-teman yang bikin lagu joget ala-ala pesta rap dalam tenda. Karena mau tidak mau, Daratan flores sangat menyukai bebunyian musik ala tetew. Musik macam begitu itu memang sudah nyentrik di telinga masyarakat kita, jadi tidak bisa di salahkan.
 

Kita yang masih sadar dan paham artinya real hiphop cuman bisa memberi edukasi yang baik tentang hiphop yang benar ke orang-orang awam yang tidak tahu apa itu hiphop yang benar-benar hiphop. Itu tugas seorang rapper. I mean be like a real rapper


Adakah pesan untuk musisi rap muda Indonesia?
Tetap jadi diri sendiri, jangan terpengaruh dengan orang lain dan TETAP PADA JALUR

jika kamu ingin streaming dan download karya - karya dari Psycho Rhymes silahkan klik link ini ---> PSYCHO RHYMES
okay sampai disini dulu, terimakasih kepada Psycho Rhyme yang mau menjawab sedikit dari pertanyaan saya yang lumayan bisa bikin pusing hehe, respect and much love!!!




 

2 komentar

Sejauh ini hanya 10 % komentar yang disetujui di blog ini maka berkomentarlah dengan bijak dan sesuai konten, komentar spam akan diblokir. harap mohon pengertiannya dan saya sangat berterimakasih atas komentar kalian :)
EmoticonEmoticon