Queen Bee Syndrome, Wanita Yang Menjatuhkan Wanita

Apakah kamu pernah menonton film-film seperti Grease, Heathers, Clueless, Mean Girls dan yang paling populer adalah The Devil Wears Prada?

dalam beberapa film tersebut terdapat beberapa pemeran wanita yang mempunyai stereotype sebagai seorang ratu lebah (Queen Bee) dimana tindakan mereka cenderung egois, seenaknya sendiri, haus akan kekuasaan, diskriminatif, merasa hebat, dan menjatuhkan rekan sesama wanitanya.

baca juga :
4 Cara Agar Pasangan Tidak Egois

sumber gambar allbusiness.com

lantas apa arti Queen Bee Syndrom?

menurut Wikipedia, Queen Bee Syndrome pertama kali didefinisikan oleh G.L. Staines, T.E. Jayaratne, dan C. Tavris pada Tahun 1973. menggambarkan sindrom saat seorang perempuan memperlakukan rekan atau bawahan perempuannya lebih kritis dan negatif. 

dalam penelitian tersebut mengatakan bahwa hal diatas berdampak besar atas terhalangnya karir para wanita di tempat kerja atau di lingkungan terkait seperti di kampus misalnya dan berhasil memotong hadirnya perempuan dengan talenta-talenta baru dalam berkarir.

fenomena ini juga memunculkan pengkotak-kotakan oleh banyak orang yang berkata fenomena queen bee merupakan mitos belaka dan tidak sedikit pula yang mengatakan hal ini merupakan fakta nyata disertai kesaksiannya.

The Devil Wears Prada

saya sudah bekerja di berbagai perusahaan dan sangat sering menemukan hal konyol ini terjadi di perusahaan-perusahaan tempat saya bernaung, pernah saya mendapati seorang queen bee menyusun siasat agar rekan kerjanya tidak tahan lagi untuk bekerja karena sikap antipati queen bee hingga memutuskan untuk resign.

sadis! iya memang, makanya terkadang saya merenung apakah wanita bisa se sadis ini jika merasa posisinya sebagai "ratu" terancam? 

tapi fakta yang saya temukan terjadi demikian!

baca juga :
Ladies, Ini 12 Nasihat Sebelum Menikah Yang Harus Kalian Pahami

nah untuk kamu-kamu yang sudah muak atau sudah habis pikir dengan tingkah orang-orang ini saya akan memberikan sedikit bocoran cara untuk menanggapi orang-orang seperti ini

mari disimak!

1. Yakin

sumber gambar : stocknap.io

Jika berada dalam sebuah perusahaan/instansi dan berhadapan dengan seorang queen bee yang ingin menjatuhkan kamu maka hal pertama yang harus kamu lakukan adalah yakin.

kebanyakan queen bee akan menjatuhkan "kompetitornya" secara mental.

jadi yang kamu harus lakukan adalah yakin pada dirimu, tetap giat belajar dan bekerja dengan baik; jangan menganggap queen bee tersebut juga sebagai seorang kompetitor tapi anggaplah dia sebagai seorang rekan seperti seharusnya.

jika kamu menganggap dia sebagai kompetitor bisa-bisa kamu juga akan menjadi seperti dirinya, mau?

2. Fokus

Tetap fokus pada tujuan utama kamu bekerja, jangan hanya karena ulah queen bee yang notabene egois dan tak tahu diri maka kamu mengorbankan pekerjaan dan tujuan kamu bekerja.

3. Berlaku Baik

tetap berlaku baik kepada dia atau mereka, tapi ingat berlaku baik disini bukan berarti kamu bisa diperlakukaan seenaknya oleh mereka. kamu punya harga diri artinya jika diperlakukan seenaknya oleh mereka kamu juga harus tegas kalau kamu dan dia adalah rekan bukan atasan dan budak, you got me baby?

sumber gambar : stocknap.io

baca juga :
Hesti Kedoh : Generasi Milenial Jangan Mau Diperbudak Zaman!

nah itu saja cara untuk menanggapi para queen bee semoga dapat membantu kamu sekalian.

dan teruntuk kamu yang kemungkinan atau memang mempunyai ciri-ciri sebagai queen bee seperti yang saya sebutkan diatas, saya juga akan membocorkan sedikit cara agar kamu bisa menjadi lebih baik tanpa harus menjatuhkan rekanmu

mari disimak lagi!

1. Sadari "Siapa" Kamu

Jika kamu adalah rekan kerja maka berlakulah selayaknya rekan kerja yang saling membantu, menopang, memberi support bagi sesama rekan demi meningkatkan etos kerja yang tinggi juga memberikan dampak positif bagi perusahaan tempat kalian bekerja.

sumber gambar : pixabay.com

dan jika kamu adalah atasan (atau mempunyai jabatan sedikit diatas) pastikan kamu memberikan banyak manfaat dan kebaikan kepada bawahanmu, hal ini bisa menjadi contoh yang baik bagi mereka dan tentunya memberikan suatu self respect bagi kamu juga. bukan malah salah menggunakan kekuasaan untuk kepentingan diri sendiri dan menjatuhkan bawahanmu!

2. Minta Penilaian

Silahkan lakukan evaluasi terhadap diri kamu dengan mengumpulkan rekan-rekan kerja atau bawahanmu. minta mereka memberikan penilaian terhadap sikap dan kinerja kamu secara jujur, cara ini sukses membantu kamu untuk memperbaiki apa yang harus diperbaiki dan sebagai cara mengukur bagaimana kamu bisa memimpin.

3. Peka Terhadap Perasaan Rekan Kerja

Saya pernah menjabat sebagai kepala machine maintenance di suatu perusahaan dan mempunyai 5 bawahan, seperti pada umumnya di beberapa perusahaan; para bawahaan akan cenderung lebih takut atau tunduk kepada atasannya.

stocknap.io

hal ini saya rasa kurang memberikan dampak baik dalam pekerjaan, saya pun melakukan pendekatan kepada bawahan seperti mengajak mereka memancing bersama, bermain game, atau mengajari mereka teknik-teknik khsusus, dan seperti dugaan saya hal ini membuat bawahan saya nyaman dan serta meningkatkan empati. terkadang saya mendengarkan keluhan mereka dan berusaha memberikan solusi bagi mereka

hal demikian tidak membuat respect dari mereka berkurang malah yang ada mereka makin menghargai saya. silahkan dicoba, semoga hal tersebut bisa berguna bagi kamu!

baca juga :
6 Cara Menaklukkan Hati Pria Idaman

jadi setelah semua yang saya jelaskan diatas, menurut kamu queen bee syndrom merupakan mitos atau fakta?

silahkan komen dibawah ini
sudah yah? jari saya sudah letih ingin dibelai manja hahaha, dan saya rasa apa yang saya sampaikan diatas sudah cukup. semoga apa yang saya bagikan dapat berguna bagi kamu dan lainnya. mohon pula sebarkan artikel ini, dan silahkan copy paste artikel ini tapi harap cantumkan link sumber blog saya jika tidak saya akan melaporkan blog kamu agar mendapat pinalti atau dihapus google!

Sejauh ini hanya 10 % komentar yang disetujui di blog ini maka berkomentarlah dengan bijak dan sesuai konten, komentar spam akan diblokir. harap mohon pengertiannya dan saya sangat berterimakasih atas komentar kalian :)
EmoticonEmoticon