7 Kelebihan Menjadi Seorang Blogger Yang Harus Kalian Ketahui

 "Bro, kenapa lu mau jadi blogger?, apa sih enaknya? dan apa saja yang sudah lu dapat sejak jadi blogger? tidak capek bro berbagi banyak hal dengan gratis?"

sebelum menjawab hal diatas orang-orang perlu mengetahui apa itu blogger terlebih dahulu

Blogger adalah orang yang membuat dan mengelola blog, membagikan pandangan serta perspektif mereka ke audience secara online baik untuk tujuan pribadi maupun bisnis. Topik yang dibahas pun beragam, mulai dari kesenian hingga politik. Saat ini sudah banyak blogger yang terkenal dan menjadi ‘selebriti’ di dunia online dan juga offline. Sebagian orang menjadikan blogging sebagai profesi sampingan, sebagian orang lain memandang blogging sebagai karier utama mereka, sedang yang lainnya hanya menulis blog untuk menyalurkan hobi atau sebagai salah satu cara mengekspresikan pendapat mereka.- Hostinger
ilustrasi blogging, sumber gambar : unsplash.com

nah banyak blogger pasti sering mendengar pertanyaan-pertanyaan diatas dari orang awam yang sering bertanya soal aktifitas blogging, nah kadang para blogger bingung mau jawab apa. mau jawab itu takut salah, mau jawab ini takut ditertawakan atau dibully.

dan sejak menjadi blogger ada beberapa hal yang sangat penting akhirnya saya atau mungkin rekan-rekan blogger lainnya dapat yaitu :

1. Bertambahnya Wawasan

Dalam hal ini bukan berarti saya mengakui kalau saya orang yang pintar atau sejenisnya, waktu ujian nasional kelulusan SMP saja saya tidak lulus dan hanya memegang ijazah paket hahaha.

jadi, seorang blogger dituntut harus menyajikan artikel yang berkualitas. sebuah artikel dikatakan berkualitas jika berisi pembahasan yang mampu membuka pola pikir positif, memberikan solusi bagi masalah tertentu, memberikan informasi bermanfaat, dan tentu mempunyai kredibilitas tinggi sehingga dapat dipertanggung jawabkan.

coba bayangkan jika ada seorang blogger yang membuat artikel kesehatan secara asal-asalan tanpa mempunyai wawasan atau melakukan riset terhadap apa yang akan ia publish, tentu hal tersebut akan berdampak buruk bagi orang yang membaca dan menerapkannya.

dan demi memenuhi "tuntutan" artikel berkualitas seorang blogger akan mencari dan mengumpulkan informasi yang didapat dari berbagai sumber, lalu memilah-milah mana informasi relevan yang pantas disajikan kepada para pembaca. secara otomatis ketika melakukan proses-proses tersebut wawasan sang blogger akan makin bertambah dengan sendirinya.


ilustrasi orang pintar, sumber gambar : unsplash.com

maka tidak heran jika ada seorang blogger sejati yang sangat haus dan tidak akan merasa cukup akan ilmu pengetahuan yang ia miliki. ia dengan senang hati akan terus mencari hal-hal baru atau sesuatu yang tidak diketahui orang banyak.

untuk diketahui para pembaca setia blog ini, untuk menghasilkan sebuah artikel paling cepat saya membutuhkan waktu sekitar 5-8 jam, dan paling lama saya membutuhkan waktu sekitar 2 hari. karena menulis sebuah artikel tidaklah segampang membuat gorengan sebagai teman ngeblog hehehe

2. Rajin Membaca

sama halnya dengan diatas, karena efek memenuhi artikel yang berkualitas akhirnya sang blogger akan rajin membaca, apa saja dilahap dengan rakusnya. duh duh..

ilustrasi membaca, sumber gambar : unsplash.com

biasanya saya nongkrong di Kaskus, Reddit, Twitter Dll. Sebagai tempat pelepas dahaga ketika haus akan bacaan, kalau tidak saya akan nongkrong selama berjam-jam di Quora, tidak hanya sekedar menjawab pertanyaan-pertanyaan yang tiap hari masuk ke akun Quora saya namun juga menjadi tempat untuk mencari ide tulisan berikutnya.

nah dengan aktifitas tersebut menandakan kalau membaca sudah menjadi candu bagi saya, dan tentu hal ini menjadi candu yang positif.

3. Kualitas Menulis

Saat mulai ngeblog biasanya menulis seadanya tanpa tahu cara menulis yang benar, karena keasikan mencari tahu alhasil pola dan teknik menulis mulai dipelajari, mulai belajar cara menulis yang benar, mulai mendalami cara menulis yang menimbulkan efek "Wow, gue banget nih" atau "Beta harus sebarkan artikel ini".

nah proses ini memakan waktu yang berbeda tergantung orangnya juga sih.

ilustrasi mengetik, sumber gambar : unsplash.com
kalau malas mencari tahu yah maka akan begitu-begitu saja tulisannya atau cenderung monoton, akhirnya pembaca akan cepat bosan dan berganti ke blog yang lain.

untuk menghasilkan tulisan yang berkualitas atau cenderung profesional sekali lagi tidaklah gampang, butuh dedikasi waktu untuk belajar.

google dan youtube buka 24 jam jangan malas belajar (ngomong sama diri sendiri hehehe, karena tulisan di blog ini masih kalah kualitasnya sama para blogger senior)

4. Selalu Update

Saya selalu tercengang setiap kali ngobrol sama alm. bapak saya (beliau seorang wartawan) soalnya beliau itu selalu up to date akan hal-hal didalam dan luar negeri dan juga banyak mengetahui berbagai hal mulai dari topik rohani hingga gosip selebriti sekalipun. 

pernah di 2006 waktu saya pulang sekolah bapak berkata "Eminem dan Kim sudah rujuk dan nikah lagi atas permintaan Hailie". Sontak saya kaget karena saya seorang Stan (Fans Eminem) dan tidak tahu apa-apa akan hal tersebut. saya pun sadar beliau selalu up to date akibat sudah biasanya mencari informasi untuk menunjang bahan tulisannya.

nah hal demikian juga terjadi pada kebanyakan blogger-blogger yang selalu mencari berbagai infromasi akhirnya jadi kebiasan lalu sering up to date. kalo misalnya sehari tidak update informasi rasanya ada yang kosong melompong di otak blogger-blogger ini. hehehe

5. Dikenal Banyak Orang

Kalau soal ini tidak berlaku pada saya, sebab saya bukan seorang blogger terkenal macam Raditya Dika.

loh Raditya Dika blogger? baru tahu lu? beliau merupakan seorang blogger meski tidak seaktif dulu sebelum terkenal, tadi saya berkunjung ke blognya yang makin keren, hanya agak sedikit berat loading blognya sekarang beda sama yang dulu lebih wuuuusssh

ilustrasi hubungan sosial, sumber gambar : unsplash.com
 

nah kenapa blogger bisa dikenal banyak orang? ya karena tulisan-tulisan mereka bisa dibaca khayalak ramai bahkan di wakanda sekalipun karena adanya akses internet, orang-orang akan mengenal para blogger ini dari tulisan-tulisan mereka apalagi jika artikel yang disajikan sangat bermanfaat bagi banyak orang.

6. Membantu Banyak Orang

Dengan membantu banyak orang para blogger-blogger ini mendapat kepuasan tersendiri yang tidak dirasakan orang lain.

kata "terimakasih bang atas artikelnya yang sangat bermanfaat" merupakan kata yang selalu ingin didengar para blogger, bukan apa-apa tapi ada rasa puas setelah melihat masalah orang lain terpecahkan atau adanya pengetahuan orang-orang akan hal baru setelah membaca artikel yang telah kita buat dengan susah payah. jadi bagi saya sih menjadi blogger merupakan pekerjaan mulia

iya gak? jadi jangan malu atau sakit hati ketika ditertawakan kalau menjadi blogger. tetap semangat!

kalau menurut saya hinaan mereka jangan dijadikan sebagai motivasi ngeblog takutnya kamu jadi orang yang berambisi (dalam artian negatif), tidak usah dibalas senyumin aja hahaha.

pembalasan terbaik adalah tetap berjuang dan menjadi berguna bagi sesama dan orang tercinta, tidak usah membenci pembenci sebab dari mereka kamu tahu arti kualitas yang sesungguhnya - Chritis Ghaza
7. Menguasai Ilmu Marketing

"Loh kok bisa blogger menguasai ilmu marketing"

bisa dong, tepatnya ilmu digital marketing. jadi begini, biasanya sehabis publish artikel seorang blogger juga akan melakukan promosi artikel di beberapa platform media sosial salah satunya Facebook.

ilustrasi menggunakan laptop, sumber gambar : unsplash.com

dalam ilmu digital marketing ada cara etis dan elegan untuk mendatangkan trafik pengunjung ke blog misalnya seorang blogger harus tahu betul kapan waktu yang tepat untuk share artikel di medsos.

contoh : 1. Blog akan ramai jika artikel dishare pada hari jumat, sabtu, dan minggu

              2. Blog akan ramai jika artikel dishare pada pukul 9 pagi, pukul 12 siang, pukul 17 hingga     pukul 10 malam
 
8. Menghasilkan Banyak Uang

Hal ini juga tidak berlaku bagi saya karena penghasilan saya dari ngeblog tidak seberapa dibandingkan para master blogger hahaha

karena passion saya disini ya menulis (ngeblog). blog ini saja yang sudah online sejak 2007 baru dipasang adsense pada april 2019. dulu pernah menjadi publisher beberapa advertising platform tapi baru sebulan sudah saya hapus iklannya karena lebih mementingkan kenyamanan pembaca.

ilustrasi uang, sumber gambar : unsplash.com

namun banyak blogger yang bisa menghasilkan banyak uang dari blog mereka sendiri atau menjadi penulis bagi situs lain. banyak kok contoh-contoh sukses salah satunya mas Alit Susanto, Mas Sugeng, Mas Timon, Mbak Arlina, Mbak Igniel dan masih banyak contoh nyata lainnya.

nah itulah beberapa keuntungan ketika menjadi blogger, jika masih ada yang ingin kamu tambahkan bisa tambahkan lewat kolom komentar dibawah ini.

jangan lupa share artikel ini dengan mengklik tombol share sosial media dibawah, terimakasih :)

18 komentar

  1. Mantapp...bener banget min

    BalasHapus
  2. Mantap.... Jadi lebih semangat nih kayaknya Gan Ngeblognya heheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan kayaknya gan tapi harus semangat terus gan

      Hapus
  3. Seep mantap hu..
    Buat pembelajaran blogger pemula.

    BalasHapus
  4. bener banget gan, dengan ngeblog kita makin banyak wawasan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya gan. tetap semangat ngeblog dan sukses selalu yah

      Hapus
  5. "Blogger adalah orang yang membuat dan mengelola blog, membagikan pandangan serta perspektif mereka ke audience secara online baik untuk tujuan pribadi maupun bisnis"

    Baiklah, ternyata berdasarkan definisi Hostinger...saya adalah blogger 😂

    Padahal mulai ngeblog gegara sebatas hobi nulis.

    Memang bener sih, poin pertama dan kedua itu saya sendiri ngalamin. Dari yang sebatas belajar bagaimana ngeblog yang 'baik dan benar' sampai akhirnya ketemu dengan konsep hidup minimalis, belajar, eksperimen, dan membagikanya di blog.

    Saya pribadi tidak terlalu 'nafsu' membuat artikel berkualitas di blog saya. Goal saya sebatas membagikan ide dan pengalaman yang readable.

    Saya bahkan nggak yakin tulisan-tulisan saya itu layak disebut artikel, lah isinya cerita tentang diri sendiri hehehe.

    Any comment mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah mantap ini mas atas sharingnya.. cocok nih jjika nnti saya wawancara.

      yang readbale itu udah termasuk berkualitas loh mas, karena gak semua orang mampu melakukannya

      semangat terus mas

      Hapus
  6. Yang saya rasakan itu wawasan semakin luas kemudian kualitas menulis juga jadi semakin bagus 👍.

    Berdasarkan definisi bloger yang mas sampaikan di atas bahwa bloger adalah orang yang mengelola blog, serta membagikan pandangan serta perspektif MEREKA.

    Menurut gua cukup orang yang mengelola blog, membagikan pandangan mereka atau orang lain di blog yang ia kelola. Karena kasihan yang punya blog download ataupun blog copas garis keras. Sebab yang mereka sampaikan adalah bukan hasil pemikiran mereka.

    Mohon maaf jika ada yang tersinggung karena pendapat saya 🙏🙏

    Makasih atas artikelnya. Semoga sehat selalu 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe betul juga itu mas, semoga mereka para copaser cepat sadar yah mas.

      terimakasih sekali gan. sehat selalu yah

      Hapus
  7. Menarik artikelnya..
    Sama sih kayak saya untuk riset butuh waktu lama juga.
    Dan udh punya blog lama tapi baru aktif lagi 2019 ini..
    Thanks sharingnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya gan terimakasih kembali telah bermain di blog ini hehehe

      semangat pantang mundur yah gan

      Hapus
  8. Mantap Gan
    Nambah ilmu dan wawasan
    Jadi lebih semangat ngeblog

    BalasHapus
    Balasan
    1. semangat terus yah gan, jangan pernah berhenti

      Hapus

Sejauh ini hanya 10 % komentar yang disetujui di blog ini maka berkomentarlah dengan bijak dan sesuai konten, komentar spam akan diblokir. harap mohon pengertiannya dan saya sangat berterimakasih atas komentar kalian :)
EmoticonEmoticon